Pages

Search

Saturday 6 February 2010


Pilar – Pilar Pembangunan

Mahasiswa takut pada Dosen-dosen

Dosen takut pada Dekan

Dekan takut pada Rektor

Rektor takut pada Mentri

Mentri takut pada Presiden

Presiden takut pada Mahasiswa

(Taufik Ismail)

Menjadi seorang mahasiswa bukanlah menjadi seorang pelajar yang pendidikannya beralih dari SMA. Mahasiswa bukanlah seperti itu. Setidaknya dalam pandangan saya. Sebuah puisi karangan Taufik Ismail yang saya lupa judulnya,mengingatkan saya bahwa dunia mahasiswa bukanlah berdasarkan strata tetapi sebuah siklus.

Masuk didalam dunia mahasiswa ini, kita tidak akan melihat dunia hitam putih saja, atau abu-abu saja, dunia ini penuh warna. Berbagi macam pemikiran menggerogoti dunia mahasiswa, idenya bisa beragam seperti beragam pula tujuan yang hendak dicapainya. Tapi tetap untuk mencapai semua itu dibutuhkan suatu usaha dan itulah yang namanya PERGERAKAN. Hidup bukanlah hal yang stagnan, karena “tidak ada yang tidak berubah, kecuali perubahan itu sendiri”.

Sebagai seorang manusia Indonesia dan merupakan bagian masyarakat Indonesia, Mahasiswa memegang peranan besar dalam menentukan arah pembangunan Indonesia kedepan. Sebagaimana kita ketahui, bagaimanapun juga Indonesia sedang dalam tahap pembangunan ke arah lebih baik. Demi terciptanya negeri yang madani, sudah barang tentu kitak tidak boleh diam. Pergerakan harus dilakukan untuk ini semua.

Sebagai bagian masyarakat Indonesia ada beberapa peran mahasiswa dalam pembangunan nasional, antara lain:

1. Segi pembentukan manusia Indonesia seutuhnya, manusia Pancasila, warga negara yang baik, bertanggung jawab terhadap kelangsungan hidup beragama dan bernegara melalui pembangunan nasional sesuai dengan tahapan yang ada.

2. Menggerakkan masyarakat memanfaatkan sumber daya alam, sumber daya manusia , dan sumber daya nasional.

3. Mahasiswa merupakan potensi vital dan strategis dalam pembangunan nasional.

Dalam pembangunan nasional ini sendiri, mahsiswa juga harus memenuhi beberapa syarat-syarat agar kedepannya pembangunan Indonesia berjalan sebagaimana mestinya, yaitu:

1. Pemahaman terhadap kondisi objektif dan realitas objektif yang ada dalam masyarakat berikut problem-problemnya.

2. Pemihakan yang total kepada kepentingan rakyat.

3. Kecakapan dan kapabilitas organisatoris dalam mengolah dan memberdayakan anggota atau massa.

Diamana cerminan dari itu semua dapat dilihat lewat:

1. Tujuan dan orientasi gerakan mahasiswa yang jelas dan sustainable.

2. Metodologi dan strategi taktik gerakan mahasiswa yang mantap.

3. Kemampuan mengolah sumber daya manusia.

Sebagi seorang mahasiswa kita harus berperan aktif dalam proses memajukan negeri ini, jangan sekedar jadi penonton yang baik, jadilah pemain yang hebat. Karena telah begitu banyak penonton diluar sana. Bergerak untuk maju, buat sebuah perubahan. Karena sesungguhnya harapan itu masih ada. Kebangkitan telah datang dengan diri mahasiswa yang memikulnya.

Ingatkah kita peruntuhan rezim di negeri kita siapa yang melakukan?? Ya, mahasiswalah pilarnya. Kita adalah pilar bagi negeri ini. Yang memastikan tetap tegaknya Indonesia menjadi negara yang berdaulat. Bukan negeri piaran asing yang karena diberi makan lalu menurut. Soekarno berkata yang redaksinya kurang lebih seperti ini, “Aku bukanlah budak Soviet atau Amerika, aku adalah budak bagi bangsaku”. Sebegitu lantangnya The Founding Father berkata seperti ini. Dimana letak pengorbanan Mahasiswa? Melayani rakyat dengan penuh keikhlasan.

Sebagi mahasiswapun kita juga tidak boleh lupa akan Trilogi peran Mahasiswa, yaitu “Iron Stock, Guardian of Value, and Agent of Change” dimana kita mungkin telah hafal kata-kata ini, atau bahkan mungkin telah paham maknanya. Tetapi yang terpenting dari itu semua adalah apakah kita dapat mengamalkannya.

Tantangan kedepan pembanguna Nasional adalah pasar bebas dimana pada 1 Januari 2010 mendatang. Nah, apakah mahasiswa mampu menunjukkan perannya pada kondisi ini? Apakah mahasiswa mampu menjadi pilar-pilar yang menyokong pembangunan ini semuanya tergantung KITA SEBAGAI MAHASISWA.

Hidup Mahasiswa!!!

Jadilah Pilar Pembangunan ini!!!